eprintid: 8624 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 44 dir: disk0/00/00/86/24 datestamp: 2024-10-29 03:44:10 lastmod: 2024-10-29 03:44:10 status_changed: 2024-10-29 03:44:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shalsabila, Dinnar creators_name: H. Insani, Isep creators_name: Susilawati K., Tuti creators_NPM: 010120323 creators_NPM: NIDN0411117902 creators_NPM: NIDK8900840022 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: H. Insani, Isep contributors_name: Susilawati K., Tuti contributors_NIDN: NIDN0411117902 contributors_NIDN: NIDK8900840022 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: KODEPRODI74201#ILMU HUKUM title: Analisis Yuridis Tentang Tugas Camat Bogor Utara Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik ispublished: pub subjects: bz divisions: sch_art full_text_status: public abstract: Kecamatan sebagai penyedia pelayanan publik mempunyai tugas pokok membantu Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam suatu wilayah Kecamatan serta dapat meningkatkan pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan kualitas pelayanan publik pemerintah yang baik (good governance) dalam bentuk pelayanan jasa atau perijinan melalui transparasi dan standarisasi pelayanan. Pelayanan merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah instansi pemerintahan dan menjadi bagian terdepan yang harus diperhatikan dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yaitu deskriptif analitis dengan jenis penelitian yuridis normatif didukung oleh data empiris, teknik pengumpulan data menggunakan teknik penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research), serta pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas Camat dalam penyelenggaraan pelayanan publik yaitu melakukan koordinasi terhadap kegiatan administrasi dan pelayanan publik di tingkat kecamatan. Camat mengawasi berbagai unit kerja di kecamatan dan memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku. Camat juga bertanggung jawab untuk mengoordinasikan berbagai jenis pelayanan publik yang dilakukan di kecamatan, seperti pembuatan dokumen administrasi, penanganan aduan masyarakat, dan pelaksanaan program-program pemerintah. Camat memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan menyelenggarakan berbagai layanan publik di tingkat kecamatan, termasuk administrasi kependudukan, perizinan, dan pelayanan masyarakat. Camat juga berperan penting dalam menyusun dan melaksanakan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayahnya. Faktor penghambat dalam pelaksanaan tugas Camat Bogor Utara yaitu keterbatasan sumber daya dalam hal anggaran, personel, dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pelayanan publik, kurangnya koordinasi antar instansi, minimnya partisipasi masyarakat, dan kurangnya kepatuhan baik dari pihak birokrasi maupun masyarakat. Sebagai upaya penyelesaian dalam faktor penghambat tersebut, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan koordinasi antar instansi, mendorong kerjasama yang lebih baik antar berbagai instansi, meningkatkan kemampuan serta profesionalitas staf dalam menyelenggarakan pelayanan publik, serta sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi aktif dalam pengawasan dan pengembangan pelayanan. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: KODEPRODI74201#ILMU HUKUM thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Shalsabila, Dinnar and H. Insani, Isep and Susilawati K., Tuti (2024) Analisis Yuridis Tentang Tugas Camat Bogor Utara Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8624/1/Cover.jpg document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8624/2/Lembar%20Pengesahan.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8624/3/Daftar%20Pustaka.pdf