%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurdian, Marwah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2020 %F eprintsunpak:8625 %I Universitas Pakuan %T Penelitian Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPa: (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa VII B Smp Kamandaka Bogor) %U http://eprints.unpak.ac.id/8625/ %X NURDIAN MARWAH. 036111033. Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) dan Course Review Horay untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) dan Course Review Horay pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilakukan di kelas VII B SMP Kamandaka pada bulan September 2015 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan evaluasi dengan menggunakan instrument tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan refleksi pada nilai sebelumnya diperoleh nilai hasil belajar IPA yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hanya sebesar 41,18%. Setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model pembelajaran REACT dan CRH, nilai hasil belajar IPA ranah kognitif pada siklus I mencapai KKM sebesar 67,6% dan meningkat pada siklus II yaitu 79,41%. Hasil belajar ranah afektif meningkat dari siklus I minimal kategori baik sebesar 52,94% menjadi 79,41% pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor siswa minimal kategori tinggi meningkat dari siklus I sebesar pertemuan 1 sebesar 58,1% dan pertemuan 2 meningkat sebesar 61,76%. Meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 67,74% dan pertemuan 2 sebesar 76,67%. Aktivitas belajar siswa (on task) siswa siklus I sebesar pertemuan 1 sebesar 64,06% menjadi 67,64% pada pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76,21% dan pertemuan 2 menjadi sebesar 80,24%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran REACT dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII B SMP Kamandaka Bogor. Kata Kunci : Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring), Course Review Horay, hasil belajar.