<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penelitian Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPa: (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa VII B Smp Kamandaka Bogor)"^^ . "NURDIAN MARWAH. 036111033. Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating,\r\nExperiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) dan Course Review Horay untuk\r\nMeningkatkan Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan\r\nDr. Rita Retnowati, M.S. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmeningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran REACT\r\n(Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) dan Course Review Horay\r\npada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilakukan di kelas VII B SMP Kamandaka\r\npada bulan September 2015 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam\r\ndua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,\r\nobservasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan evaluasi dengan menggunakan\r\ninstrument tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan refleksi pada nilai\r\nsebelumnya diperoleh nilai hasil belajar IPA yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum\r\n(KKM) hanya sebesar 41,18%. Setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model\r\npembelajaran REACT dan CRH, nilai hasil belajar IPA ranah kognitif pada siklus I mencapai\r\nKKM sebesar 67,6% dan meningkat pada siklus II yaitu 79,41%. Hasil belajar ranah afektif\r\nmeningkat dari siklus I minimal kategori baik sebesar 52,94% menjadi 79,41% pada siklus II.\r\nHasil belajar ranah psikomotor siswa minimal kategori tinggi meningkat dari siklus I sebesar\r\npertemuan 1 sebesar 58,1% dan pertemuan 2 meningkat sebesar 61,76%. Meningkat pada\r\nsiklus II pertemuan 1 sebesar 67,74% dan pertemuan 2 sebesar 76,67%. Aktivitas belajar\r\nsiswa (on task) siswa siklus I sebesar pertemuan 1 sebesar 64,06% menjadi 67,64% pada\r\npertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76,21% dan pertemuan 2 menjadi sebesar\r\n80,24%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan\r\nmodel pembelajaran REACT dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII B\r\nSMP Kamandaka Bogor.\r\nKata Kunci : Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and\r\nTransferring), Course Review Horay, hasil belajar."^^ . "2020" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Sutjihati"^^ . "Susi"^^ . "Sutjihati Susi"^^ . . "Retnowati"^^ . "Rita"^^ . "Retnowati Rita"^^ . . "Marwah"^^ . "Nurdian"^^ . "Marwah Nurdian"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "Penelitian Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPa: (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa VII B Smp Kamandaka Bogor) (Text)"^^ . . . "NURDIAN MARWA.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8625 \n\nPenelitian Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPa: (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa VII B Smp Kamandaka Bogor)\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .