eprintid: 8626 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/86/26 datestamp: 2024-11-01 09:08:41 lastmod: 2024-11-01 09:08:41 status_changed: 2024-11-01 09:08:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vina, Destyara creators_NPM: 036120010 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Bibin, Rubini contributors_name: Muhamad, Taufik Awaludin contributors_NIDN: 0009125602 contributors_NIDN: 0415098805 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Berbasis Website Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi ispublished: pub divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Vina Destyara. 036120010. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Website untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd dan Bapak M. Taufik Awaludin, M.Pd. Tingkat literasi sains siswa saat ini masih cenderung rendah, hal ini disebabkan karena terbatasnya media yang digunakan pada proses pembelajaran. Media pembelajaran berperan dalam membantu siswa untuk memahami materi yang bersifat abstrak seperti materi sistem ekskresi yang berkaitan erat dengan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis website yang layak, efektif dan praktis dalam meningkatkan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di SMA Taruna Terpadu dengan desain penelitian one group pretest-posttest atau menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023 - Juli 2024. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, observasi pembelajaran, angket uji pendahuluan, lembar validasi ahli, soal pilihan ganda serta angket respon guru dan siswa. Sebelum diujicobakan, e-modul divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penilaian oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, sementara dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 93% dan 92,5% dengan kriteria sangat layak. Pengujian keefektifan e-modul dari hasil perhitungan N-gain memperoleh nilai sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Setelah diujicobakan, dilakukan uji kepraktisan melalui angket respon siswa dan guru. Angket respon guru memperoleh persentase sebesar 99,5% dengan kriteria sangat praktis. Sementara angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis website yang dikembangkan sangat layak, efektif dan praktis dalam meningkatkan literasi sains siswa pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci: E-modul berbasis webiste, literasi sains, sistem ekskresi date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Vina, Destyara (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Berbasis Website Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8626/1/Skripsi_Vina%20Destyara_036120010_compressed.pdf