%0 Thesis %9 Skripsi %A Fadhilah, Istiqomah Yogandena %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, %B PGSD %D 2024 %F eprintsunpak:8645 %I Universitas Pakuan %T PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 Tahun Pelajaran 2023/2024 %U http://eprints.unpak.ac.id/8645/ %X Fadhilah Istiqomah Yogandena. 037117170. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2024. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Pendekatan yang dilakukan adalah Eksperimen Kuasi dengan desain dua grup. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 47 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan Pretest dan Posttest pada kelompok Kelas Eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan kelompok Kelas Kontrol menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan penerapan dua model. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok Kelas Eksperimen sebesar 54,6 dengan ketuntasan belajar 59% sedangkan pada kelompok Kleas Kontrol sebesar 49,6 dengan ketuntasan 56%. Hasil pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,343) > ttabel (2,021). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Kata kunci: Hasil Belajar, PjBL, PBL