eprintid: 8645 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/86/45 datestamp: 2024-11-01 09:11:36 lastmod: 2024-11-01 09:11:36 status_changed: 2024-11-01 09:11:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadhilah, Istiqomah Yogandena creators_NPM: 037117170 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Elly, Sukmanasa contributors_name: Dendy, Saeful Zen contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0420068504 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 Tahun Pelajaran 2023/2024 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Fadhilah Istiqomah Yogandena. 037117170. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2024. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Pendekatan yang dilakukan adalah Eksperimen Kuasi dengan desain dua grup. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 47 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan Pretest dan Posttest pada kelompok Kelas Eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan kelompok Kelas Kontrol menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan penerapan dua model. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok Kelas Eksperimen sebesar 54,6 dengan ketuntasan belajar 59% sedangkan pada kelompok Kleas Kontrol sebesar 49,6 dengan ketuntasan 56%. Hasil pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,343) > ttabel (2,021). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Kata kunci: Hasil Belajar, PjBL, PBL date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fadhilah, Istiqomah Yogandena (2024) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8645/1/SKRIFSI%20FADHILAH%20ISTIQOMAH_compressed.pdf