TY - THES PB - Universitas Pakuan AV - public Y1 - 2023/// M1 - Skripsi UR - http://eprints.unpak.ac.id/8652/ TI - PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi Kurikulum 2013 dengan Penelitian Eksperimen kausal pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak8652 A1 - Siti, Aisyah A.M N2 - (Siti Aisyah Al Mukarromah).037115277 Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alami(IPA). Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal. Dimana Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA variabel terikat.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah kelas V-A sampai dengan V-D sekolah dasar negeri pondok rumput kota bogor semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Berjumlah 117 dengan sampel sebanyak 54 responden. Data penelitian ini diperoleh menggunakan skala likert untuk variabel Efikasi Diri dan tes soal untuk Hasil Belajar IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh positif Efikasi Belajar terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dari analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) = 0,609 dan koefisien jalur variabel Efikasi Diri (X) dengan variabel Hasil Belajar IPA (Y) bernilai 0,531. Sedangkan untuk nilai koefisien determinasi (KD) dari Efikasi Diri (X) terhadap H Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Efikasi Di Belajar Ilmu Pengetahuan Alam(Y) adalah 28,20% (r2 = 0,282). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar IPA. Kata Kunci : Efikasi Diri, Hasil Belajar IPA ER -