eprintid: 8654 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/86/54 datestamp: 2024-11-07 03:33:45 lastmod: 2024-11-07 03:33:45 status_changed: 2024-11-07 03:33:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aqiilah, Nur creators_name: Salmah, Salmah creators_name: Suganda, Erik Irawan creators_NPM: 021120023 creators_NPM: 0414078405 creators_NPM: 0409077002 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aqilah, Nur contributors_name: Salmah, Salmah contributors_name: Suganda, Erik Irawan contributors_NIDN: 021120023 contributors_NIDN: 0414078405 contributors_NIDN: 0409077002 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: NUR AQIILAH. 021120023. Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi. Skripsi. Manajemen Pemasaran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di bawah bimbingan: SALMAH dan ERIK IRAWAN SUGANDA. 2024. Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang sangat penting dalam mempercepat peningkatan kesehatan masyarakat. Hal ini menuntut penyedia layanan kesehatan, yaitu rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, tidak hanya layanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup layanan pencegahan. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan analisis Kualitas Pelayanan pada pada Medical Check up di RSUD Ciawi termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis deskriptif hasil rata-rata tanggapan responden pada variabel Kualitas Pelayanan yaitu sebesar 85,53%. Kepuasan Pasien pada Medical Check up di RSUD Ciawi termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis deskriptif hail rata-rata tanggapan responden pada variabel kepuasan pasien yaitu sebesar 84,45%. Kualitas Pellayanan belrpelngaruh positif telrhadap kelpuasan Pasieln pada Meldical Chelck up di RSUD Ciawi. Belrdasarkan hasil uji relgrelsi linielr seldelrhana melnunjukkan dengan koefisien regresi kualitas pelayanan bernilai positif sebesar 0,107, artinya setiap kualitas pelayanan bernilai 1, maka kepuasan pasien sebesar 0,107. Dan berdasarkan hasil koefisien determinasi besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,481 dan R Square sebesar 0,231. Hal ini berarti 23,1% variabel kualitas pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan kerja, dan sisanya sebesar 79,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (2,903) > t tabel (2,052), yang berarti dapat disimpulkan Hâ‚€ ditolak dan Ha diterima. Artinya kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa uji hipotesis pada penelitian ini diterima, yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pasien pada medical check up di RSUD Ciawi. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien date: 2024-06-26 date_type: published pages: 97 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aqiilah, Nur and Salmah, Salmah and Suganda, Erik Irawan (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Medical Check Up Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Ciawi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8654/1/skripsi%20akhir%20nur%20aqiilah%20.pdf