eprintid: 8739 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/87/39 datestamp: 2024-12-05 13:42:48 lastmod: 2024-12-05 13:42:48 status_changed: 2024-12-05 13:42:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pernanda Ichsan, Reza creators_name: Rully, Tutus creators_name: Wihartika, Doni creators_NPM: 021119255 creators_NPM: 0417047401 creators_NPM: 0422048103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Pernanda Ichsan, Reza contributors_name: Rully, Tutus contributors_name: Wihartika, Doni contributors_NIDN: 021119255 contributors_NIDN: 0417047401 contributors_NIDN: 0422048103 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Reza Pernanda Ichsan 021119255. Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan. Di bawah bimbingan TUTUS RULLY dan DONI WIHARTIKA 2024. Kedai kopi tidak lagi sekedar menawarkan racikan dan sajian kopi khasnya saja, tetapi diperlukan penguatan bagi pemilik kedai kopi dalam rangka optimalisasi pelayanan yang berkualitas dan efisien. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan sistem antrian dan menghasilkan sistem antrian yang optimal dalam upaya peningkatkan efisiensi pelayanan Kopi Nako. Jenis penelitian yaitu deskriptif (eksploratif) kuantitatif denan menggunakan data kuantitatif berupa data sekunder dan data primer. Metode analisis adalah analisis deskriptif, analisis kuantitatif (sistem antrian) dengan model multhipel chanel-multhi phase, trade off dan tingkat efisiensi pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem antrian Kopi Nako menerapkan sistem antrian dengan model Multichannel-Multhiphase yang memiliki disiplin antrian first in fist out. Pola kedatangan yang tidak terprediksi terjadi rata-rata tingkat pelayanan kurang dari rata-rata kedatangan menjadikan waktu tunggu pelanggan yang cukup lama. Hasil analisis perbandingan, pada saat hari senggang, tingkat pelayanan yang optimal akan terlihat dari hasil analisis total cost yang paling minimum sebesar Rp 231.365 yang disertai tingkat efisiensi sebesar 166% dengan menambah satu unit. Sedangkan pada saat hari teramai, tingkat pelayanan yang optimal akan terlihat dari hasil analisis total cost yang paling minimum sebesar Rp 137.582 yang disertai tingkat efisiesni sebesar 221% dengan menambah dua unit. Kata Kunci: Sistem Antian, Peningkatan dan Efisiensi Pelayanan date: 2024-10-16 date_type: published pages: 81 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pernanda Ichsan, Reza and Rully, Tutus and Wihartika, Doni (2024) Analisis Sistem Antrian Pada Kopi Nako Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayanan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8739/1/Skripsi_Reza%20Pernanda%20Ichsan_Revisi%20Sidang%20%20new%20NEW%20Fix.pdf