<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA\r\nPUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS\r\nTEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS"^^ . "Sinta Dwi Yuliani. 032119044. Penggunaan Model Teams Games Tournament\r\nBermedia Puzzle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks\r\nDeskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Skripsi. Universitas\r\nPakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Roy Efendi,\r\nM.Pd.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Teams Games\r\nTournament bermedia Puzzle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks\r\ndeskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Penelitian ini dilaksanakan\r\ndi SMP Negeri 2 Ciomas, dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat\r\neksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan terbagi ke dalam dua, yaitu tes berupa\r\nprates dan postes, dan nontes berupa angket. Pengambilan sampel ditentukan\r\ndengan secara acak (cluster random sampling). Dari hasil pengambilan sampel\r\ndiperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas\r\nkontrol. Dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, hipotesis pertama yaitu\r\npenggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP\r\nNegeri 2 Ciomas yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan hasil data yang telah\r\ndiperoleh. Hasil yang diperoleh dari perbandingan mean dengan menggunakan\r\nrumus uji-t yaitu diperoleh t-hitung sebesar 6,11 sehingga diperoleh hasil yang\r\nmenunjukkan t₀٫₉₅ (0,05) yaitu 1,67 dan t₀٫₉₉ (0,01) yaitu 2,39. Dengan demikian t-\r\nhitung lebih besar dari t-tabel karena nilai t-tabelt-tabel yaitu\r\n1,67<6,11>2,39. Kemudian hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya, yaitu\r\nterdapat kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks\r\ndeskripsi, hal ini dilihat pada hasil angket yang menyatakan bahwa dari 31 siswa,\r\nterdapat 17 siswa dengan persentase 55% yang menjawab “setuju”, sedangkan\r\nsebanyak 9 siswa menjawab “tidak setuju” dengan persentase 29%, lalu sebanyak\r\n4 siswa menjawab “sangat tidak setuju” dengan persentase 13%, dan sebanyak 1\r\nsiswa menjawab “sangat setuju” dengan persentase 3%. Hal tersebut menyatakan\r\nbahwa sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah\r\nkebahasaan pada saat menulis teks deskripsi.\r\nKata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, model Teams Games\r\nTournament, media puzzle."^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Budiana"^^ . "Sandi"^^ . "Budiana Sandi"^^ . . "Dwi Yuliani"^^ . "Sinta"^^ . "Dwi Yuliani Sinta"^^ . . "Efendi"^^ . "Roy"^^ . "Efendi Roy"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA\r\nPUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS\r\nTEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS (Text)"^^ . . . "(Print) SKRIPSI Sinta Dwi Y.-1_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8765 \n\nPENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA \nPUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS \nTEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .