eprintid: 8765 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/87/65 datestamp: 2024-12-19 04:54:57 lastmod: 2024-12-19 04:54:57 status_changed: 2024-12-19 04:54:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sinta, Dwi Yuliani creators_NPM: 032119044 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Roy, Efendi contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0413118502 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Sinta Dwi Yuliani. 032119044. Penggunaan Model Teams Games Tournament Bermedia Puzzle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Sandi Budiana, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ciomas, dengan metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan terbagi ke dalam dua, yaitu tes berupa prates dan postes, dan nontes berupa angket. Pengambilan sampel ditentukan dengan secara acak (cluster random sampling). Dari hasil pengambilan sampel diperoleh kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, hipotesis pertama yaitu penggunaan model Teams Games Tournament bermedia Puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciomas yang dapat diuji kebenarannya berdasarkan hasil data yang telah diperoleh. Hasil yang diperoleh dari perbandingan mean dengan menggunakan rumus uji-t yaitu diperoleh t-hitung sebesar 6,11 sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan t₀٫₉₅ (0,05) yaitu 1,67 dan t₀٫₉₉ (0,01) yaitu 2,39. Dengan demikian t- hitung lebih besar dari t-tabel karena nilai t-tabelt-tabel yaitu 1,67<6,11>2,39. Kemudian hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya, yaitu terdapat kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks deskripsi, hal ini dilihat pada hasil angket yang menyatakan bahwa dari 31 siswa, terdapat 17 siswa dengan persentase 55% yang menjawab “setuju”, sedangkan sebanyak 9 siswa menjawab “tidak setuju” dengan persentase 29%, lalu sebanyak 4 siswa menjawab “sangat tidak setuju” dengan persentase 13%, dan sebanyak 1 siswa menjawab “sangat setuju” dengan persentase 3%. Hal tersebut menyatakan bahwa sebagian besar siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan pada saat menulis teks deskripsi. Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, model Teams Games Tournament, media puzzle. date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sinta, Dwi Yuliani (2023) PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERMEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CIOMAS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8765/1/%28Print%29%20SKRIPSI%20Sinta%20Dwi%20Y.-1_compressed.pdf