eprintid: 8766 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/87/66 datestamp: 2024-12-19 04:55:20 lastmod: 2024-12-19 04:55:20 status_changed: 2024-12-19 04:55:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizky, Kamila creators_NPM: 032120037 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Siti, Chodijah contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0404098403 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BROSUR BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI TEKS DESKRIPSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: RIZKY KAMILA. 032120037. Pengembangan Bahan Ajar Brosur Berbasis Mind Mapping Pada Materi Teks Deskripsi Bagi Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Prof. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind mapping pada materi teks deskripsi kelas VII serta uji kelayakan dari para validator, pendidik, dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Devine, Design, Develop, and Disseminate) yang dilaksanakan pada bulan November 2023 sampai dengan Juni 2024. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII-8 SMP Negeri 1 Pamijahan. Dalam mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind mapping ini, peneliti memperhatikan aspek materi, aspek bahasa, dan aspek media yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga peneliti berhasil mengembangkan bahan ajar brosur berbasis mind mapping ini. Bahan ajar brosur berbasis mind mapping ini telah memperoleh skor validasi aspek materi 100%, aspek bahasa 100%, dan aspek media 86,25% dengan keseluruhan Memenuhi kriteria valid. Selain itu, diperoleh skor dari respons guru sebesar 98,75% dan respons peserta didik sebesar 95,14% dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dan respons tersebut mengartikan bahwa bahan ajar brosur berbasis mind mapping pada materi teks deskripsi kelas VII sangat layak untuk digunakan secara luas. Kata Kunci: Bahan Ajar, Brosur Berbasis Mind Mapping, Teks Deskripsi date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rizky, Kamila (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BROSUR BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI TEKS DESKRIPSI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAMIJAHAN KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8766/1/SKRIPSI_Rizky%20Kamila_032120037_compressed-1-121.pdf