%X TAZKIA AULIA. 021120164. Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusa Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi pada Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan: SRI HARTINI dan AGUS SETYO PRANOWO. Saat ini perkembangan teknologi internet di Indonesia semakin pesat, perkembangan teknologi dapat kita rasakan di semua bidang mulai pendidikan, transportasi, bisnis hingga komunikasi elektronik. Gaya hidup masyarakat yang semakin berubah ubah seiring pengaruh perkembangan zaman yang semakin modern. Di era yang sedang modern ini di fasilitaskan banyak marketplace sebagai wujud kegiatan E commerce di Indonesia, marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Beberapa marketplace terbesar di Indonesia anatar laian Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak terus melakukan inovasi yang terbaru untuk meningkatkan minat para konsumen atau penjual untuk membuka tokonya di marketplace ini, serta berlomba lomba untuk meningkatkan minat para konsumen untuk terus melakukan pembelian melalui marketplace tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi media sosial untuk pengambilan keputusan pada marketpalce Lazada. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah asosiatif. Metode penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling menggunakan jenis purposive sampling, dengan menggunakan total 100 responden berdasarkan rumus lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji t, analisis regresi linear sederhana, dana analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penerapan promosi media sosial yang dilakukan di Lazada terhadap mahasiswa/mahasiswi Universitas Pakuan menghasilkan presentase sebesar 79% yang artinya sudah baik. (2) Keputusan pembelian mahasiswa/mahasiswi Universitas Pakuan terhadap marketplace Lazada menghasilkan presentase sebesar 82% yang artinya sudah sangat baik atau tinggi. (3) Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan lokasi atau observasi yang berbeda dan disarankan untuk menambah variabel lainnya karena dalam penelitian ini hanya menggunakan Promosi Media Sosial untuk menjelaskan hubungan Keputusan Pembelian konsumen yang bertujuan untuk lebih tertarik dan mengetahui sejauh mana promosi yang dilakukan pada marketplace Lazada. Kata Kunci : Promosi Media Sosial, Keputusan Pembelian %I Universitas Pakuan %T Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusa Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi pada Mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan) %A Tazkia Aulia %A Sri Hartini %A Agus Setyo Pranowo %L eprintsunpak8768 %D 2024