%0 Thesis %9 Skripsi %A Maharani, Maharani %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2019 %F eprintsunpak:8775 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/8775/ %X Maharani: Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis naskah drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis naskah drama, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model tersebut dalam menulis naskah drama. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 45,7. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis naskah drama. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis naskah drama menjadi 80,8 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,1. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,75. Dengan demikian t0 lebih besar dari padat t1,67<2,75>2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis naskah drama terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% peserta didik mengalami kendala dalam menentukan ide, peserta didik juga mengalami kendala pada saat mengerjakan tugas dengan kelompok dalam menulis naskah drama dengan persentase 44%. Selain itu, peserta didik mengalami kendala pada saat menuangkan ide pada saat menulis naskah drama dengan persentase 56%. Dengan demikian, penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama. Kata Kunci: Keterampilan menulis, naskah drama, model Project Based Learning.