<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA\r\nSISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR"^^ . "Maharani: Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum\r\nKota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based\r\nLearning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas\r\nVIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami\r\noleh peserta didik dalam menulis naskah drama. Metode yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu\r\ntes, non tes berupa observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui\r\nketerampilan menulis naskah drama, sementara angket digunakan untuk\r\nmengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar\r\nmengajar dengan menerapkan model tersebut dalam menulis naskah drama.\r\nSampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen\r\ndan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan\r\ndengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan\r\nmodel Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah\r\ndrama dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan\r\ndiperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 45,7. Dari data tersebut\r\ndapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang\r\nmampu dalam menulis naskah drama. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan\r\npeningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis naskah drama menjadi\r\n80,8 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu\r\nsignifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,1. Kemudian dapat dilihat juga\r\ndari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,75. Dengan demikian t0 lebih besar dari\r\npadat t1,67<2,75>2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap\r\npeserta didik dalam menulis naskah drama terbukti kebenarannya. Berdasarkan\r\nhasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% peserta didik mengalami kendala\r\ndalam menentukan ide, peserta didik juga mengalami kendala pada saat\r\nmengerjakan tugas dengan kelompok dalam menulis naskah drama dengan\r\npersentase 44%. Selain itu, peserta didik mengalami kendala pada saat\r\nmenuangkan ide pada saat menulis naskah drama dengan persentase 56%. Dengan\r\ndemikian, penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan\r\nketerampilan menulis naskah drama.\r\nKata Kunci: Keterampilan menulis, naskah drama, model Project Based Learning."^^ . "2019" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Maharani"^^ . "Maharani"^^ . "Maharani Maharani"^^ . . "Suwarna"^^ . "Dadan"^^ . "Suwarna Dadan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA\r\nSISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR (Text)"^^ . . . "MAHARAN 032115047_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8775 \n\nPENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM \nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA \nSISWA KELAS VIII SMP BAHRUL ULUM KOTA BOGOR\n\n" . "text/html" . .