eprintid: 8780 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/87/80 datestamp: 2024-12-28 02:17:55 lastmod: 2024-12-28 02:17:55 status_changed: 2024-12-28 02:17:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miftah, Bahtyas creators_NPM: 032116070 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_name: Tri, Mahajani contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0422026501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH CIPUTAT TANGERANG ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Miftah Bahtyas: “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Kelas XI MA Islamiyah Ciputat”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kegiatan sintak model pembelajaran discovery learning yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks prosedur siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik triangulasi. Teknik studi pustaka digunakan untuk pengumpulan data yang ditemukan dalam RPP. Sumber data pada penelitian ini adalah RPP teks prosedur kelas XI MA Islamiyah dengan tiga kali pertemuan dan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari enam tahapan yaitu tahap stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), problem statement (identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik kesimpulan). Teknik triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data yang sudah dianalisis. Berdasarkan hasil analisis, menunjukan bahwa hasil temuan keseluruhan terdapat 48 data dengan rincian, tahap stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) ditemukan 15 data, tahap problem statement (identifikasi masalah) ditemukan 3 data, tahap data collection (pengumpulan data) ditemukan 15 data, tahap data processing (pengolahan data) ditemukan 6 data, tahap verification (pembuktian) ditemukan 6 data, dan tahap generalization (menarik kesimpulan) ditemukan 3 data. Hasil analisis ini sudah melakukan pengecekan keabsahan data dan disetujui oleh ketiga triangulator mengenai kesesuaian sintak model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks prosedur siswa kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Hal ini dapat menunjukan bahwa kegiatan yang terdapat dalam RPP teks prosedur kelas XI MA Islamiyah sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: Model Discovery Learning, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan Teks Prosedur date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Miftah, Bahtyas (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MA ISLAMIYAH CIPUTAT TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8780/1/Skripsi%20Miftah%20Bahtyas.pdf