<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING\r\nDALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)\r\nTEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 CIBARUSAH"^^ . "Mohamad Fauzan: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam\r\nRencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri 1\r\nCibarusah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020.\r\nRencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan pegangan dasar seorang guru\r\ndalam mengajar di dalam kelas untuk lebih terarah dan efektif. Rencana\r\nPelaksanaan Pembelajaran dapat dibuat dan dikembangkan secara eksplisit oleh\r\nguru sebagai pedoman untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan\r\nStandar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Melalui Rencana Pelaksanaan\r\nPembelajaran, guru dapat mengetahui dan menyesuaikan metode atau model\r\npembelajaran yang akan digunakan terhadap suatu materi yang dipelajari. Model\r\npembelajaran adalah salah satu komponen yang terdapat dalam Rencana\r\nPelaksanaan Pembelajaran. Model pembelajaran merupakan penunjang yang\r\nsangat penting bagi guru dalam menghidupkan suasana pembelajaran di dalam\r\nkelas agar lebih menarik dan efektif. Pada tulisan ini, peneliti akan menganalisis\r\nmodel pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelakasanaan\r\nPembelajaran teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Analisis ini\r\ndilakukan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pembelajaran model\r\npembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks\r\neksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Penelitian dilakukan pada empat kali\r\npertemuan yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut.\r\nMetode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode\r\npenelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk\r\nmengumpulkan sebuah data. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan\r\ndengan membaca pada bagian yang dijadikan fokus dan subfokus penelitian.\r\nBagian data yang dijadikan fokus dan subfokus tersebut adalah langkah-langkah\r\nmodel pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan\r\ndilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini,\r\npeneliti dapat mendeskripsikan kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran\r\ndiscovery learning. Hasil yang didapatkan dan telah dicek keabsahannya melalui\r\ntiga triangulator bahwa analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery\r\nlearning yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah sesuai.\r\nTerdapat 104 data yang telah didapatkan oleh peneliti. Walau langkah-langkah\r\nmodel pembelajaran discovery learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran\r\ntelah sesuai namun Kompetensi Dasar belum semuanya tercapai.\r\nKata kunci: Model discovery learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, teks\r\neksposisi, kualitatif, dan triangulator."^^ . "2020" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Fauzan"^^ . "Mohamad"^^ . "Fauzan Mohamad"^^ . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING\r\nDALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)\r\nTEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 CIBARUSAH (Text)"^^ . . . "Skripsi Lengkap Mohamad Fauzan.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8783 \n\nANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING \nDALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) \nTEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 CIBARUSAH\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .