eprintid: 8788 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/87/88 datestamp: 2024-12-28 05:57:19 lastmod: 2024-12-28 05:57:19 status_changed: 2024-12-28 05:57:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mochamad, Lutviantono creators_NPM: 032116095 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Stella, Talitha corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA KELAS VII DI SMP BINA PUTERA ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Mochamad Lutviantono: Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Kelas VII SMP Bina Putera, Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana yang terstruktur secara prosedur dan pengorganisasian pembelajaran dengan bertujuan mencapai kompetensi dasar agar pembelajaran berjalan dengan baik. Salah satu komponen penting pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah model pembelajaran. Peneliti menganalisis sintak model pembelajaran Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Subfokus pada penelitian ini adalah kesesuaian langkah-langkah Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskripsi kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka untuk mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks cerita fantasi kelas VII SMP Bina Putera. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 70 data yang terdapat dalam tiga pertemuan RPP dengan kompetensi dasar 3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar dan 4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca. Hasil penelitian menunjukkan seluruh data dalam RPP tersebut telah menerapkan keenam sintak model pembelajaran Discovery Learning sesuai dengan teori dan prosedur model pembelajarannya. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Cerita Fantasi date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Magister citation: Mochamad, Lutviantono (2021) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA KELAS VII DI SMP BINA PUTERA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8788/1/SKRIPSI%20Fixxxx.pdf