eprintid: 8789 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/87/89 datestamp: 2024-12-28 05:57:15 lastmod: 2024-12-28 05:57:15 status_changed: 2024-12-28 05:57:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Almuzaidilla, Zahra creators_name: Ramdani, Sri Hidajati creators_name: Hasrul, Hasrul creators_NPM: 021120224 creators_NPM: 0411117102 creators_NPM: 0420106903 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Almuzaidilla, Zahra contributors_name: Ramdani, Sri Hidajati contributors_name: Hasrul, Hasrul contributors_NIDN: 021120224 contributors_NIDN: 0411117102 contributors_NIDN: 0420106903 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Positioning Top 4 Brand Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Zahra Almuzaidilla, 021120224. Analisis Positioning Top 4 Brand Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan: Sri Hidajati Ramdani dan Hasrul. 2024. Positioning memegang peran penting dalam menentukan posisi merek smartphone. Di tengah persaingan yang semakin sengit dalam pasar smartphone, strategi positioning produk menjadi sangat krusial. Keberhasilan sebuah produk dalam menghadapi persaingan tergantung pada cara produk tersebut diposisikan di pasar yang dituju dan bagaimana pandangan konsumen terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning dari empat merek smartphone di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan metode penarikan sampel non probability sampling berdasarkan lameshow. Metode analisis data yang digunakan yaitu multidimensional scaling. Objek penelitian ini adalah variabel positioning dengan indikator atribut, harga dan kualitas, aspek penggunaan, pemakai produk, kelas produk tertentu, dan pesaing. Hasil penelitian dengan uji multidimensional scaling menunjukan bahwa smartphone Samsung paling baik dengan keunggulan pada indikator atribut, aspek penggunaan, pemakai produk dan pesaing. Diikuti oleh smartphone Xiaomi yang memiliki keunggulan harga dan kualitas, Oppo yang memiliki keunggulan kelas produk tertentu serta diikiti oleh Vivo dan Merek lain. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Positioning , Multidimensional Scaling (MDS) date: 2024-07-31 date_type: published pages: 100 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Almuzaidilla, Zahra and Ramdani, Sri Hidajati and Hasrul, Hasrul (2024) Analisis Positioning Top 4 Brand Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8789/1/2024%20ZAHRA%20021120224.pdf