eprintid: 8797 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/87/97 datestamp: 2025-01-06 03:17:02 lastmod: 2025-01-06 03:17:02 status_changed: 2025-01-06 03:17:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hani, Apriliani creators_NPM: 032117047 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Stella, Talitha contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MARUTI: JERIT HATI SEORANG PENARI KARYA ACHMAD MUNIF SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Hani Apriliani: Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari Karya Achmad Munif serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan dalam novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Jadi, peneliti membaca novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif secara berulang-ulang dan teliti untuk memahami isi novel. Kemudian peneliti mencatat data yang mengandung nilai pendidikan, seperti nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai keindahan, dan nilai budaya ke dalam tabel. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara terperinci hingga memuat kesimpulan hasil analisis data. Hasil analisis data tersebut kemudian diuji keabsahan datanya dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif menunjukkan bahwa novel tersebut memiliki lima dimensi nilai pendidikan, yaitu nilai religius, nilai moral, nilai sosial, nilai keindahan, dan nilai budaya. Dari hasil penelitian ditemukan data sebanyak 70 hasil analisis data. Jumlah temuan pertama nilai religius sebanyak 9 kutipan dengan indikator beriman kepada Allah, bersyukur kepada Allah dan berdao. Kedua, nilai pendidikan moral sebanyak 35 kutipan dengan indikator bertanggungjawab, percaya diri, pekerja keras, memberi nasihat, ikhlas, berani, dan mengasihi orangtua. Ketiga, nilai pendidikan sosial sebanyak 6 kutipan dengan indikiator saling berbagi, memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan bersahabat. Keempat, nilai keindahan sebanyak 13 kutipan dengan indikator gaya bahasa metafora, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa simile, gaya bahasa alegori, homonim, serta pribahasa. Kelima, nilai budaya sebanyak 7 kutipan dengan indikator kebudayaan Jawa dan makanan khas Jawa. Dengan demikian, jumlah tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam novel Maruti: Jerit Hati Seorang Penari karya Achmad Munif ditemukan nilai pendidikan yang dominan terdapat pada nilai pendidikan moral dengan temuan data sebanyak 35 kutipan. Kata kunci: nilai pendidikan, novel, Maruti: Jerit Hati Seorang Penari date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hani, Apriliani (2021) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MARUTI: JERIT HATI SEORANG PENARI KARYA ACHMAD MUNIF SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8797/1/Skripsi%20Hani%20Apriliani_compressed.pdf