<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN COOPERATIVE SCRIPT\r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT PADA\r\nSISWA KELAS X SMK TIRTA JAYA DEPOK"^^ . "Rangga Prasetia: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Berbicara Debat Pada Siswa Kelas X SMK Tirta\r\nJaya Depok. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas\r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2017.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran\r\nCooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas X\r\nSMK Tirta Jaya Depok dan kendala yang dialami siswa dalam berbicara debat.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam\r\npenelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Tirta Jaya Depok. Sampel penelitian ini yaitu\r\nkelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kels X Multimedia 2 sebagai\r\nkelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random\r\nsampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model pembelajaran Cooperative Script\r\ndapat meningkatkan keterampilan berbicara debat pada kelas X SMK Tirta Jaya\r\nDepok dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data\r\nprates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 59 (kurang mampu) dalam\r\nberbicara debat, sedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam\r\nberbicara debat meningkat menjadi 87 (sangat mampu). Hasil perhitungan\r\nperbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus\r\nuji t, diperoleh data harga thitung = 3,2 dan d.b. = 48, selanjutnya dilakukan\r\npengetesan satu skor pada nilai “t”. d.b. 48 dan diperoleh harga t00,01 = 2,40 dan harga\r\nt0 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung\r\nsignifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,67 < 3,2> 2,40. Hasil tersebut\r\nmenunjukan bahwa penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan\r\nketerampilan berbicara debat pada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Hipotesis kedua\r\nyaitu, terdapat berbagai kendala dalam meningkatkan keterampilan berbicara debat\r\npada siswa kelas X Tirta Jaya Depok. Kendala tersebut dibuktikan dengan adanya\r\nhasil analisis angket. Terdapat sebanyak 7 siswa atau 28% dapat dikatakan\r\nmengalami kendala dalam hal berbicara. Kemudian 6 siswa atau sebanyak 24% siswa\r\ndapat dikatakan mengalami kendala dalam berdebat. Ada pula 8 siswa atau sebanyak\r\n32% siswa mengalami kendala dalam menentukan unsur-unsur debat, kemudian 3\r\nsiswa atau sebanyak 12% siswa mengalami kendala dalam berdebat dengan\r\nmenerapkan model pembelajaran cooperative script.\r\nKata kunci: Keterampilan berbicara, debat, model pembelajaran cooperatvie script"^^ . "2017" . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Fauzi Mubarock"^^ . "Wildan"^^ . "Fauzi Mubarock Wildan"^^ . . "Prasetia"^^ . "Rangga"^^ . "Prasetia Rangga"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . "HTML Summary of #8798 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN COOPERATIVE SCRIPT \nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DEBAT PADA \nSISWA KELAS X SMK TIRTA JAYA DEPOK\n\n" . "text/html" . .