@phdthesis{eprintsunpak8813, school = {Universitas Pakuan}, title = {HUBUNGAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOGOR}, author = {Fujia Rahmah Restu}, year = {2016}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/8813/}, abstract = {Restu Fujia Rahmah: Hubungan Kecepatan Efektif Membaca dengan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan kecepatan efektif membaca dengan kemampuan menulis karangan eksposisi pada sisiwa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Penelitian ini dilakuakan dengan jumlah responden 77 dari 9 kelasyang ada dengan jumlah 331 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tes kecepatan efektif membaca dengan bentuk soal pilihan ganda sebnayak 30 soal dan didapatkan jumlah valid sebanyak 24 soal. Untuk tes kemampuan menulis karangan eksposisi, diberikan tes uraian 1 soal dengan 5 kriteria penilaian. Berdasarkan proses penelitian diperoleh Kecepatan Efektif Membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor berkisar cukup baik dengan memperoleh rentang nilai 37-97. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes kecepatan efektif membaca sebesar 70,48. Dengan demikian, dilihat dari hasil tes kecepatan efektif membaca, dapat disimpulkan bahwa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor sebagian besar cukup menguasai kecepatan efektif membaca.Kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor cukup baik dengan memperoleh rentang nilai 47-73. Sedangkan nilai ratarata hasil kemampuan menulis karangan eksposisisebesar 61,52. Selain itu, dapat diketahui pula nilai median sebesar 70, sedangkan modus dan simpangan baku sebesar 60. Dengan begitu terdapat hubungan positif yang rendahantara kecepatan efektif membaca dengan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor. Kekuatan hubungan tersebut berdasarkan hasil perhitungan analisis data dengan uji Product Moment, diperoleh nilai koefesien nilai (r) dengan sampel (N=77) sebesar 0,380 pada interval koefesien 0,200-0,399 dengan tingkat hubungan rendah. Pengujian hasil koefesien kolerasi (r) pada Product Moment dapat dihubungkan dengan tabel kolerasi Product Moment (rtabel) dengan N = 77. Pada rtabelProduct Moment dapat diketahui taraf signifikan 5\% dan 1\% terhadap df = 70 adalah 0,232 dan 0,302. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat hubungan positif yang rendah antara kecepatan efektif membaca (X) dengan kemampuan menulis karangan eksposisi (Y) baik pada taraf 5\% maupun 1\% Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Kecepatan Efektif Membaca, Karangan Eksposisi} }