TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/8814/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi TI - Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Brainstorming Siswa Kelas x SMAN 9 Bogor Y1 - 2016/// ID - eprintsunpak8814 A1 - Sampe, Sari N2 - SAMPE SARI. Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Metode Brainstorming Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pakuan Bogor. 2016. Berbicara merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, sebab perbedaan yang paling mencolok antara manusia dengan mahluk lain yakni berbicara dengan menggunakan bahasa. Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa selain dari keterampilan menyimak, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan berbicara dalam pembelajaran akan lebih efektif apabila memanfaatkan metode yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Brainstorming yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa terutama dalam mengungkapkan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan metode Brainstrormingsiswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor dan mengetahui penerapanmetode Brainstorming dalam peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan angket. Tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dan angket yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Brainstorming. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian simpulan yang dapat penulis simpulkan, yakni : metode Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan postes siklus I menyampaikan dukungan dengan bukti pendukung yang awalnya 66,9 dengan persentase ketercapaian sebesar 66% pada tingkat kemampuan cukup. Pada hasil tes siklus II meningkat menjadi 85,5 dengan persentase ketercapaian sebesar 85% yang berarti termasuk ke dalam kriteria baik.Berarti bahwa kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan. Jadi, hasil analisis menunjukan bahwa setelah pembelajaran menggunakan metode Brainstorming hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dan penyebaran angket dan nilai hasil pembelajaran yang didapatkan terbukti metode Brainstorming efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 9 Bogor. Kata Kunci : Berbicara, metode Brainstorming ER -