<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan\r\nKemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng"^^ . "Rendy Dwi Maulana: Penggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan\r\nKemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng.\r\nProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan\r\ndan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2016.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis resensi\r\nnovel siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ciseeng serta mengetahui kendala yang dialami\r\noleh siswa dalam menulis resensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu\r\nmetode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket,\r\npengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ciseng.\r\nSampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI\r\nIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling.\r\nHipotesis pertama yaitu penggunaan teknik membaca kritis dapat meningkatkan\r\nkemampuan menulis resensi novel dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan\r\ndengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas\r\n46,82 dapat diketahui kemampuan siswa kurang mampu dalam menulis resensi,\r\nsedangkan hasil postes rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis resensi\r\nmeningkat menjadi 70,46 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil\r\nperbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus\r\nuji t, diperoleh data harga t0 = 4,85 dan db = 60 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar\r\n1,67serta tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi\r\n1,67<4,85>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas\r\neksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis resensi\r\nnovel terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada\r\nproses membaca 21 siswa atau 75% kesulitan memahami tujuan penulis. siswa pun\r\nkesulitan menemukakan kelebihan novel pada saat proses membaca, dilihat dari 19\r\nsiswa beranggapan sulit atau 67,89%, dan 18% siswa merasa kesulitan memberikan\r\npenilaian akhir atau simpulan terhadap novel yang dibaca. Kendala tersebut terjadi\r\npada proses membaca, saat proses menulis pun terdapat kendala. Kendala terlihat\r\nketika 20 atau 71,43% siswa kesulitan menuangkan kelebihan novel yang diperoleh\r\nsaat proses membaca ke dalam bentuk resensi.\r\nKata kunci: Kemampuan menulis resensi novel, teknik membaca kritis."^^ . "2016" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Dwi Maulana"^^ . "Rendy"^^ . "Dwi Maulana Rendy"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan\r\nKemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng (Text)"^^ . . . "SKRIPSI RENDY DWI MAULANA 032112090.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8815 \n\nPenggunaa Teknik Membaca Kritis untuk Meningkatkan \nKemampuan Menulis Resensi Novel Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciseeng\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .