eprintid: 8848 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/88/48 datestamp: 2025-01-16 02:19:22 lastmod: 2025-01-16 02:19:47 status_changed: 2025-01-16 02:19:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farhati, Farhati creators_NPM: 036112078 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Teti, Rostikawati contributors_name: Muhamad, Taufik Awaludin contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0415098805 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, Kabupaten Bogor) ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Farhati. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning cycle. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan R. Teti Rostikawati, dan Muhammad Taufik A. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIPA 1 SMAN 1 Ciomas, Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 42 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, penerapan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrument yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X MIPA 1 setelah dilakukan penerapan model Learning cycle pada siklus I mencapai 72,11 (71,42%) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,54 (83,33%), sedangkan nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I mencapai 73,04 dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 77,80 dengan kategori baik. Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Learning cycle yaitu mencapai 58,53 % pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 66,27% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 73,21% pada tindakan 1 dan meningkat menjadi 79,37 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran Learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Kata kunci: Model Pembelajaran, Learning cycle, Hasil Belajar Biologi date: 2017 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Farhati, Farhati (2017) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, Kabupaten Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8848/1/Skripsi%20Farhati%20Fix.pdf