eprintid: 8850 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/88/50 datestamp: 2025-01-16 02:19:52 lastmod: 2025-01-16 02:19:52 status_changed: 2025-01-16 02:19:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Karina Husin, Ririn creators_NPM: 0361112038 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eka, Suhardi contributors_name: Muhamad, Taufik Awaludin contributors_NIDN: 0416076701 contributors_NIDN: 0415098805 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Predeict, Observe, Explain (POE) : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: RIRIN KARINA HUSIN. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menerepkan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Susi Sutjihati, M.Si, dan Dra Eka Suhardi, M.Si Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIA 1 SMAN 1 Gunungsindur, Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 44 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, penerapan, pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrument yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif biologi siswa kelas X MIA 1 setelah dilakukan penerapan model Predict, Observe, Explain (POE) pada siklus I mencapai 73,28 (61,36%) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,20 (79,55%). Sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada siklus I mencapai 73,13 dengan kategoti cukup dan pada siklus II mencapai 76,53 dengan kategori baik. Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran POE yaitu mencapai 54,75 % pada siklus I pertemuan 1 dan meningkat menjadi 62,12% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 75,19% pada tindakan 1 dan meningkat menjadi 84,66 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Kata kunci: Model Pembelajaran, POE, Hasil Belajar Biologi date: 2016 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Karina Husin, Ririn (2016) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Predeict, Observe, Explain (POE) : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8850/1/Skripsi%20revisi.pdf