<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL\r\nAPLIKASI CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR\r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR"^^ . "viii\r\nABSTRAK\r\nM. Farhan Anwar. 032120012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital\r\nAplikasi Canva Pada materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1\r\nCaringin Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah\r\nbimbingan Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd.\r\nPerkembangan bahan ajar sudah banyak dikembangkan dengan teknologi\r\ndigital sehingga pendidik diharapkan mampu merancang bahan ajar dalam bentuk\r\ndigital. Ketercapaian pembelajaran dilihat dari profesional kinerja pendidik dan\r\ndisertai perangkat pembelajaran yang tersusun dengan baik dan sarana prasarana\r\nyang memadai. Berdasarkan hasil wawancara, bahan ajar yang sering digunakan\r\npendidik dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan buku paket. Berdasarkan\r\nlatar belakang masalah di atas, peneliti bermaksud mengembangkan sebuah bahan\r\najar berbentuk digital dengan memanfaatkan aplikasi Canva yang dapat membantu\r\nsiswa dalam meningkatkan pemahaman dalam menulis teks prosedur. Adapun\r\ntujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bahan ajar digital\r\nCanva dan kelayakan dari bahan ajar tersebut. Metode penelitian ini menggunakan\r\nmetode penelitian R&D (Research and Development). Model yang digunakan\r\ndalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analyze, Design,\r\nDevelopment, Implementation dan Evaluation.Berdasarkan hasil valiidasi\r\nisi/materi sebesar 95,3% mendapatkan kriteria “sangat layak”, ahli bahasa sebesar\r\n75,95% mendapatkan kriteria “layak” dan ahli media sebesar 91,3% mendapatkan\r\nkriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut e-modul bahasa Indonesia materi\r\nteks prosedur layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan angket\r\nrespons peserta didik yang diisi 34 responden memperoleh hasil 98% dan angket\r\nrespons guru yang diisi satu responden memperoleh hasil 98%. Pada kedua hasil\r\ntersebut memenuhi kriteria “sangat efektif”. Sehingga dapat diambil Kesimpulan\r\nbahwa e-modul bahasa Indonesia materi teks prosedur layak untuk digunakan\r\ndalam pembelajaran di kelas"^^ . "2024-09-22" . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . . . "Efendi"^^ . "Roy"^^ . "Efendi Roy"^^ . . "Anwar"^^ . "M. Farhan"^^ . "Anwar M. Farhan"^^ . . "Sarimanah"^^ . "Eri"^^ . "Sarimanah Eri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL\r\nAPLIKASI CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR\r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR (Text)"^^ . . . "Skripsi M. Frahan Anwar 032120012.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8864 \n\nPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL \nAPLIKASI CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR \nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR\n\n" . "text/html" . .