eprintid: 8864 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/88/64 datestamp: 2025-01-16 02:23:23 lastmod: 2025-01-16 02:23:51 status_changed: 2025-01-16 02:23:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. Farhan, Anwar creators_NPM: 032120012 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Roy, Efendi contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0413118502 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL APLIKASI CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: viii ABSTRAK M. Farhan Anwar. 032120012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Aplikasi Canva Pada materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Perkembangan bahan ajar sudah banyak dikembangkan dengan teknologi digital sehingga pendidik diharapkan mampu merancang bahan ajar dalam bentuk digital. Ketercapaian pembelajaran dilihat dari profesional kinerja pendidik dan disertai perangkat pembelajaran yang tersusun dengan baik dan sarana prasarana yang memadai. Berdasarkan hasil wawancara, bahan ajar yang sering digunakan pendidik dalam proses pembelajaran yaitu menggunakan buku paket. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti bermaksud mengembangkan sebuah bahan ajar berbentuk digital dengan memanfaatkan aplikasi Canva yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman dalam menulis teks prosedur. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bahan ajar digital Canva dan kelayakan dari bahan ajar tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation.Berdasarkan hasil valiidasi isi/materi sebesar 95,3% mendapatkan kriteria “sangat layak”, ahli bahasa sebesar 75,95% mendapatkan kriteria “layak” dan ahli media sebesar 91,3% mendapatkan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut e-modul bahasa Indonesia materi teks prosedur layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan angket respons peserta didik yang diisi 34 responden memperoleh hasil 98% dan angket respons guru yang diisi satu responden memperoleh hasil 98%. Pada kedua hasil tersebut memenuhi kriteria “sangat efektif”. Sehingga dapat diambil Kesimpulan bahwa e-modul bahasa Indonesia materi teks prosedur layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas date: 2024-09-22 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: M. Farhan, Anwar (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL APLIKASI CANVA PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8864/1/Skripsi%20M.%20Frahan%20Anwar%20032120012.pdf