eprintid: 8869 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/88/69 datestamp: 2025-01-16 02:39:49 lastmod: 2025-01-16 02:39:49 status_changed: 2025-01-16 02:39:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmi, Karmilah creators_NPM: 036111109 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nandang, Hidayat contributors_name: R. Teti, Rostikawati contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0018046003 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: RAHMI KARMILAH. 036111109. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan karena pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan efektivitas pembelajaran di kelas yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi ranah kognitif dan afektif serta mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian dilaksanakan di kelas X MA Ianatut Tholibin Cidahu, pada bulan Januari-Maret 2016, dengan materi Keanekaragaman Hayati. Proses penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Akhir setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah diuji. Berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan penelitian rata-rata nilai hasil belajar kognitif hanya 67,26 dengan persentase pencapaian KKM 43,59%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar kognitif mencapai 74,10 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 72,50%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa mencapai 78,03 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 77,50%. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I yang mencapai kategori baik sebanyak 67,50% dan pada siklus II persentase yang mencapai kategori baik sebesar 82,50%. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X di MA Ianatut Tholibin. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Posing, Meningkatkan Hasil Belajar, Kognitif, Afektif. date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahmi, Karmilah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8869/1/RAHMI%20KA.pdf