<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nDENGAN VARIASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM\r\nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA\r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR"^^ . "ABSTRAK\r\nWidya Anjani. 032120006. Penerapan Model Problem Based Learning dengan\r\nvariasi Teams Games Tournament dalam Pembelajaran Keterampilan\r\nMenulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor.\r\nUniversitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman,\r\nM.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd.\r\nModel Problem Based Learning dengan variasi Teams Games Tournament\r\nmerupakan variasi model pembelajaran yang menuntut siswa untuk dapat\r\nmenyelesaikan masalah secara bersama melalui permainan kelompok. Penelitian\r\nini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan\r\nvariasi Teams Games Tournament dalam meningkatkan keterampilan menulis surat\r\npribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, serta untuk mengetahui\r\nkendala siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi.\r\nPopulasi pada penelitian ini berjumlah 251 dengan jumlah sampel penelitian\r\nsebanyak 72, yaitu 36 siswa kelas VII-A (eksperimen) dan 36 siswa kelas VII-B\r\n(kontrol). Adapun Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random\r\nSampling. Hipotesis pertama mengenai penerapan model Problem Based Learning\r\ndengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan\r\nmenulis surat pribadi dapat dibuktikan kebenarannya. Hal ini dilihat dari hasil\r\npretest kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata 56,63 atau 57% berada\r\npada tingkat penguasaan kurang, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas\r\neksperimen meningkat menjadi 91,61 atau 92% dengan tingkat penguasaan sangat\r\nbaik. Hipotesis kedua, yaitu mengenai kendala siswa saat menulis surat pribadi\r\nterbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket, secara umum siswa\r\nmengalami kendala ketika menulis bagian isi surat pribadi berjumlah 17 atau 47%.\r\nDemikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning\r\ndengan variasi Teams Games Tournament dapat meningkatkan keterampilan\r\nmenulis surat pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bogor, meskipun pada\r\nsaat membuat surat pribadi siswa mengalami kendala.\r\nKata Kunci: Model Problem Based Learning, Model Teams Games Tournament,\r\nKeterampilan Menulis, Surat Pribadi."^^ . "2024-07-30" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "ANJANI"^^ . "WIDYA"^^ . "ANJANI WIDYA"^^ . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Fauzi Mobarock"^^ . "Wildan"^^ . "Fauzi Mobarock Wildan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING\r\nDENGAN VARIASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM\r\nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA\r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR (Text)"^^ . . . "Skripsi Widya Anjani 032120006.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8874 \n\nPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING \nDENGAN VARIASI TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM \nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA \nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BOGOR\n\n" . "text/html" . .