<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS\r\nULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 RANCABUNGUR"^^ . "ABSTRAK\r\nAnggiliana Agustin. 032119036. Analisis Penggunaan Kaidah Kebahasaan\r\nPada Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Skripsi.\r\nUniversitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan\r\nStella Talitha, M.Pd.\r\nAnalisis penggunaan kaidah kebahasaan merupakan suatu pemaparan kebahasaan\r\nyang memiliki aturan, ketentuan, dan petunjuk dalam berbahasa dengan\r\nmembentuk suatu kata atau kalimat sebagai ciri pembeda pada setiap jenis teks.\r\nPenelitian ini akan mengkaji penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa\r\nkelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Fokus penelitian ini adalah penggunaan\r\nkaidah kebahasaan teks ulasan, dan subfokus penelitian ini adalah penggunaan\r\nkonjungsi penerang, penggunaan konjungsi temporal, penggunaan konjungsi\r\npenyebab, dan penggunaan pernyataan saran atau rekomendasi. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa SMP Negeri\r\n01 Rancabungur berupa konjungsi penerang, konjungsi temporal, konjungsi\r\npenyebab, dan pernyataan saran atau rekomendasi. Metode penelitian yang\r\ndigunakan adalah kualitatif deskriptif, data yang ditemukan berupa kalimat dan\r\nhasilnya dijabarkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini,\r\nyaitu penggunaan kaidah kebahasaan pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri\r\n01 Rancabungur dengan jumlah 40 teks ulasan siswa sebagai sumber data. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan melakukan\r\npengkajian terhadap teks yang dibuat siswa. Hasil analisis data ditemukan 65 data\r\npenggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa dengan empat kaidah kebahasaan\r\nyang digunakan. Secara keseluruhan kaidah kebahasaan yang banyak digunakan,\r\nyaitu konjungsi penyebab (37%) konjungsi penyebab adalah konjungsi yang\r\nmenyatakan suatu keadaan atau kejadian karena penyebab tertentu dan konjungsi\r\ntemporal (35%) konjungsi temporal merupakan konjungsi yang berfungsi untuk\r\nmenghubungkan kalimat menyatakan waktu. Kemudian, kaidah kebahasaan yang\r\npaling sedikit ditemukan adalah penggunaan konjungsi penerang (14%) Konjungsi\r\npenerang adalah penghubung kata atau kalimat dan bisa juga paragraf untuk\r\nmenjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau peristiwa dan penggunaan\r\npernyataan saran (14%) pernyataan saran berlaku sebagai rekomendasi atau kritik\r\nyang sesuai dengan kenyataan. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan\r\npada pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dalam aspek\r\nkebahasaan"^^ . "2024-10-30" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Agustin"^^ . "Anggiliana"^^ . "Agustin Anggiliana"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS\r\nULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 RANCABUNGUR (Text)"^^ . . . "Anggiliana Agustin 032119036.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8923 \n\nANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS \nULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 RANCABUNGUR\n\n" . "text/html" . .