eprintid: 8923 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/89/23 datestamp: 2025-01-16 02:40:11 lastmod: 2025-01-16 02:44:53 status_changed: 2025-01-16 02:40:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggiliana, Agustin creators_NPM: 032119036 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Stella, Talitha contributors_NIDN: 0405076901 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 RANCABUNGUR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Anggiliana Agustin. 032119036. Analisis Penggunaan Kaidah Kebahasaan Pada Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Analisis penggunaan kaidah kebahasaan merupakan suatu pemaparan kebahasaan yang memiliki aturan, ketentuan, dan petunjuk dalam berbahasa dengan membentuk suatu kata atau kalimat sebagai ciri pembeda pada setiap jenis teks. Penelitian ini akan mengkaji penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur. Fokus penelitian ini adalah penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan, dan subfokus penelitian ini adalah penggunaan konjungsi penerang, penggunaan konjungsi temporal, penggunaan konjungsi penyebab, dan penggunaan pernyataan saran atau rekomendasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa SMP Negeri 01 Rancabungur berupa konjungsi penerang, konjungsi temporal, konjungsi penyebab, dan pernyataan saran atau rekomendasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data yang ditemukan berupa kalimat dan hasilnya dijabarkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penggunaan kaidah kebahasaan pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Rancabungur dengan jumlah 40 teks ulasan siswa sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan melakukan pengkajian terhadap teks yang dibuat siswa. Hasil analisis data ditemukan 65 data penggunaan kaidah kebahasaan teks ulasan siswa dengan empat kaidah kebahasaan yang digunakan. Secara keseluruhan kaidah kebahasaan yang banyak digunakan, yaitu konjungsi penyebab (37%) konjungsi penyebab adalah konjungsi yang menyatakan suatu keadaan atau kejadian karena penyebab tertentu dan konjungsi temporal (35%) konjungsi temporal merupakan konjungsi yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat menyatakan waktu. Kemudian, kaidah kebahasaan yang paling sedikit ditemukan adalah penggunaan konjungsi penerang (14%) Konjungsi penerang adalah penghubung kata atau kalimat dan bisa juga paragraf untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau peristiwa dan penggunaan pernyataan saran (14%) pernyataan saran berlaku sebagai rekomendasi atau kritik yang sesuai dengan kenyataan. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII dalam aspek kebahasaan date: 2024-10-30 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Anggiliana, Agustin (2024) ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 RANCABUNGUR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8923/1/Anggiliana%20Agustin%20032119036.pdf