eprintid: 8924 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/89/24 datestamp: 2025-01-16 02:30:18 lastmod: 2025-01-16 02:34:51 status_changed: 2025-01-16 02:30:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur, Rahmawati creators_NPM: 032119052 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Stella, Talitha contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI TEKS DRAMA DI KELAS XI SMAN 1 RANCABUNGUR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Nur Rahmawati. 032119052. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Teks Drama di Kelas XI SMAN 1 Rancabungur. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 Rancabungur, terdapat permasalahan mengenai sumber belajar. Bahan ajar yang digunakan masih terpaku pada bahan ajar yang diberikan pemerintah. Selain itu, peserta didik lebih mengenal kearifan lokal dari luar dibanding kearifan lokal dari Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan kondisi objektif dan kebutuhan, mengembangkan rancangan, mendeskripsikan kelayakan serta efektivitas bahan ajar flipbook berbasis kearifan lokal pada materi teks drama. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Sasaran penelitian ini adalah kelas XI.7 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan uji validasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan bahan ajar dan analisis keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar flipbook berbasis kearifan lokal pada materi teks drama layak digunakan dengan persentase kelayakan isi/materi dan kebahasaan sebesar 80%, kelayakan penyajian dan kegrafikan sebesar 88%, dan kelayakan kearifan sebesar 83%. Keefektifan bahan ajar flipbook berbasis kearifan lokal pada materi teks drama ditunjukkan dari hasil angket respons pendidik sebesar 93% dan peserta didik sebesar 74,1%. Dengan demikian, bahan ajar flipbook berbasis kearifan lokal pada materi teks drama di kelas XI ini layak dan efektif digunakan oleh peserta didik maupun pendidik sebagai sumber belajar. Kata kunci: bahan ajar flipbook, kearifan lokal, teks drama date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nur, Rahmawati (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI TEKS DRAMA DI KELAS XI SMAN 1 RANCABUNGUR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8924/1/Rahmawati%20032119052.pdf