eprintid: 8928 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/89/28 datestamp: 2025-01-20 03:07:46 lastmod: 2025-01-20 03:07:46 status_changed: 2025-01-20 03:07:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti, Patimah creators_NPM: 032118079 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: Mukodas, Mukodas contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0414069001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA AL-HADIID CILEUNGSI BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Siti Patimah 2022 : Penggunaan Model Example non Example dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA AlHadiid Cileungsi Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran example non example dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot dan mengetahui kendala siswa kelas X SMA Al-Hadiid Cileungsi Bogor dalam menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Hadiid Cileungsi Bogor, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang juga berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prettest adalah 66 atau 61% dan posttestnya mengalami peningkatan menjadi 75,18 atau 81 %. Berbeda dengan nilai di kelas kontrol, nilai prettestnya adalah 60,73 atau 75% dan nilai posttestnya 61,4 atau 56%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pembelajaran di kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan rumus t-tes, diperoleh harga to 0,01 = 1,05 dan harga to 0,05 = 10,62. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari pada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,05 < 5,48> 10,62. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas X SMA Al-hadiid Cileungsi Bogor, separuh dari siswa mengalami kendala menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan separuh siswa lagi tidak mengalami kendala. Dari 34 siswa yang menjadi responden, 13 responden atau 38% responden menjawab mengalami kendala dan 21 responden atau 62% responden mengatakan tidak mengalami kendala salam memproduksi teks anekdot menggunakan model example non example. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Model Example non Example date: 2022 date_type: submitted institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Siti, Patimah (2022) PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA AL-HADIID CILEUNGSI BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8928/1/Siti%20Patimah%20.pdf