%0 Thesis %9 Skripsi %A Wirawan, Wirawan %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam, %A Program Studi Ilmu Komputer, %B Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam %D 2024 %F eprintsunpak:8977 %I Universitas Pakuan %P 26 %T MEDIA INTERAKTIF CARA BERBELANJA DI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) %U http://eprints.unpak.ac.id/8977/ %X MEDIA INTERAKTIF CARA BERBELANJA DI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) Wirawan1) , Dr. Tjut Awaliyah Zuraiyah, M.Kom 2) , Dian Kartika Utami, M.Kom 3) Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Corresponding Author: Abstrak Belanja online melalui platform e-commerce semakin populer di era digital, dengan salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan adalah Cash on Delivery (COD). Namun, metode ini menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya pemahaman prosedur, risiko keamanan, dan minimnya edukasi bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis website untuk memberikan panduan cara berbelanja di e-commerce menggunakan sistem pembayaran COD. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Media interaktif ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui visualisasi langkahlangkah, simulasi, dan tips berbelanja aman. Hasil pengujian kepada 37 pengguna menunjukkan bahwa 97% responden menilai media ini praktis, menarik, dan mudah digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman pengguna tentang sistem COD, memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik, serta mendukung edukasi konsumen secara luas. Kata Kunci: media interaktif, e-commerce, Cash on Delivery (COD), edukasi, MDLC