eprintid: 8977 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/89/77 datestamp: 2025-02-10 04:02:26 lastmod: 2025-02-10 04:02:26 status_changed: 2025-02-10 04:02:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wirawan, Wirawan creators_NPM: 065117144 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Awaliyah Zuraiyah, Tjut contributors_name: Fajar Utami, Dian Kartika contributors_NIDN: 0409017301 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Ilmu Komputer title: MEDIA INTERAKTIF CARA BERBELANJA DI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: public abstract: MEDIA INTERAKTIF CARA BERBELANJA DI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) Wirawan1) , Dr. Tjut Awaliyah Zuraiyah, M.Kom 2) , Dian Kartika Utami, M.Kom 3) Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan, Bogor, Indonesia Corresponding Author: Abstrak Belanja online melalui platform e-commerce semakin populer di era digital, dengan salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan adalah Cash on Delivery (COD). Namun, metode ini menghadapi berbagai tantangan seperti kurangnya pemahaman prosedur, risiko keamanan, dan minimnya edukasi bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis website untuk memberikan panduan cara berbelanja di e-commerce menggunakan sistem pembayaran COD. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Media interaktif ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui visualisasi langkahlangkah, simulasi, dan tips berbelanja aman. Hasil pengujian kepada 37 pengguna menunjukkan bahwa 97% responden menilai media ini praktis, menarik, dan mudah digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemahaman pengguna tentang sistem COD, memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik, serta mendukung edukasi konsumen secara luas. Kata Kunci: media interaktif, e-commerce, Cash on Delivery (COD), edukasi, MDLC date: 2024-08-07 date_type: published pages: 26 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Wirawan, Wirawan (2024) MEDIA INTERAKTIF CARA BERBELANJA DI E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8977/1/SKRIPSI%20WIRAWAN.pdf