<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR\r\nSISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA 2 CITEUREUP"^^ . "ABSTRAK\r\nNabilla Putri Ramadhan: Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)\r\nDalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI\r\nSMK Widya Dharma. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra\r\nIndonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan\r\n2023.\r\nTujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur siswa\r\nkelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dan kendala yang dialami siswa kelas\r\nXI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dalam meningkatkan keterampilan menulis\r\nteks berita menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Metode yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik\r\npengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Populasi dalam\r\npenelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Populasi\r\npenelitian ini yaitu kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup. Sampel penelitian\r\nini yaitu kelas XI-1 perkantoran sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2\r\nperkantoran sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model\r\nProject Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks\r\nprosedur pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma 2 Citeureup dapat teruji\r\nkebenarannya.\r\nHal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan\r\nnilai rata- rata 52,89 (kurang mampu) dalam menulis teks prosedur, sedangkan\r\nhasil pascates kelas eksperimen dalam menulis teks prosedur meningkat dengan\r\nnilai rata-rata 88,00 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas\r\neksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data\r\nharga thitung = 2,55 dan d.b. 48 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% =\r\n2,40 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 1,67. Dengan demikian, nilai thitung\r\nlebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai ttabel2,40. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Project\r\nBased Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur\r\nkelas XI SMK Widya Dharma. Hipotesis kedua yaitu, yaitu siswa tidak\r\nmengalami kendala dalam menulis teks prosedur setelah diberikan model Project\r\nBased Learning (PjBL) terbukti kebenarannya tidak mengalami kendala saat\r\nmenentukan struktur teks prosedur sebanyak 88%. Tidak mengalami kendala\r\ndalam menggunakan kosa kata sebanyak 80%. Tidak mengalami kendala dalam\r\nunsur kebahasaan teks prosedur sebanyak 88%.\r\nKata Kunci: keterampilan menulis, project based learning, PjBL, teks\r\nprosedur"^^ . "2023-06-19" . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . <> . <> . . "Efendi"^^ . "Roy"^^ . "Efendi Roy"^^ . . "Sarimanah"^^ . "Eri"^^ . "Sarimanah Eri"^^ . . "Putri Ramadhan"^^ . "Nabilla"^^ . "Putri Ramadhan Nabilla"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM\r\nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR\r\nSISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA 2 CITEUREUP (Text)"^^ . . . "Skripsi Nabila Putri Ramadhan 032119001.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9000 \n\nPENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM \nMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR \nSISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA 2 CITEUREUP\n\n" . "text/html" . .