eprintid: 9033 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/90/33 datestamp: 2025-02-24 02:36:38 lastmod: 2025-02-24 02:36:38 status_changed: 2025-02-24 02:36:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur Alam, Ilham Imami creators_NPM: 065118207 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setyaningsih, Sri contributors_name: Kurnia, Ema corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam corp_creators: Program Studi Ilmu Komputer title: AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN DENGAN METODE MARKERLESS ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: public abstract: AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN DENGAN METODE MARKERLESS ILHAM IMANI NUR ALAM1 , SRI SETYANINGSIH2 , EMA KURNIA3 Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pakuan Email : ilhamimaninuralam@gmail.com Abstrak Proses belajar mengajar di era modern membutuhkan inovasi dalam media pembelajaran guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemahaman siswa. Salah satu materi yang sering mengalami kendala dalam pembelajaran biologi tingkat SMA adalah struktur sel tumbuhan, mengingat sifatnya yang mikroskopis serta keterbatasan media pembelajaran konvensional. Berdasarkan survei terhadap 36 siswa SMA jurusan IPA, sebanyak 75,9% siswa mengalami kesulitan dalam memahami struktur sel tumbuhan akibat minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis metode markerless sebagai media pembelajaran struktur sel tumbuhan. Teknologi AR memungkinkan penggabungan dunia nyata dengan elemen virtual yang dihasilkan komputer, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam. Aplikasi ini dirancang untuk memvisualisasikan model tiga dimensi (3D) dari struktur sel tumbuhan, memungkinkan siswa untuk memahami hubungan antarbagian sel dengan lebih jelas dibandingkan metode konvensional. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AR markerless ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap struktur sel tumbuhan sebesar 91,18%. Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi dalam media pembelajaran berbasis AR dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di sekolah. Oleh karena itu, pengembangan lebih lanjut serta integrasi teknologi AR dalam kurikulum pendidikan dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih modern dan efektif. Kata kunci: Augmented Reality, Media pembelajaran, Struktur sel tumbuhan, Pendidikan biologi, Teknologi markerless Abstr date: 2023-08-24 date_type: published pages: 23 institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nur Alam, Ilham Imami (2023) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STRUKTUR SEL TUMBUHAN DENGAN METODE MARKERLESS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9033/1/Skripsi_065118207_Ilham%20Imani%20Nur%20Alam.pdf