%0 Thesis %9 Skripsi %A Sinuraya, Alief Mayong %A Aminuddin, Ahsani Taqwim %A Andarini, Sabila Adinda Purİ %A Aminah, Ratİh Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2024 %F eprintsunpak:9050 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya %T Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Dalam Peningkatan Pelayanan %U http://eprints.unpak.ac.id/9050/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Pasien beserta hambatan dan penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep strategi komunikasi humas milik Rosady Ruslan. Sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah mewawancarai informan kunci dan informan. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan pengujian kesimpulan, juga pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui bahwa humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong berperan dalam melakukan transformasi pelayanan yang pada awalnya hanya bisa dilakukan secara offline, kini sudah bisa dilakukan secara online. Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong tidak berperan hanya sebagai jembatan penghubung pihak internal dan eksternal saja. Lebih dari itu humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong turut berperan dalam penyelesaian suatu permasalan yang ada. Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong melakukan penyebaran informasi yang bersifat edukatif melalui media sosial dan media eksternal