eprintid: 9050 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/90/50 datestamp: 2025-02-25 07:59:09 lastmod: 2025-02-25 07:59:09 status_changed: 2025-02-25 07:59:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sinuraya, Alief Mayong creators_name: Aminuddin, Ahsani Taqwim creators_name: Andarini, Sabila Adinda Purİ creators_name: Aminah, Ratİh Siti creators_NPM: 044120443 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aminuddin, Ahsani Taqwim contributors_name: Andarini, Sabila Adinda Purİ contributors_name: Aminah, Ratİh Siti contributors_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Dalam Peningkatan Pelayanan ispublished: pub subjects: e divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana berjalannya Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Pasien beserta hambatan dan penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep strategi komunikasi humas milik Rosady Ruslan. Sumber dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah mewawancarai informan kunci dan informan. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan pengujian kesimpulan, juga pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian diketahui bahwa humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong berperan dalam melakukan transformasi pelayanan yang pada awalnya hanya bisa dilakukan secara offline, kini sudah bisa dilakukan secara online. Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong tidak berperan hanya sebagai jembatan penghubung pihak internal dan eksternal saja. Lebih dari itu humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong turut berperan dalam penyelesaian suatu permasalan yang ada. Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong melakukan penyebaran informasi yang bersifat edukatif melalui media sosial dan media eksternal date: 2024-07-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author related_url_type: author related_url_type: author citation: Sinuraya, Alief Mayong and Aminuddin, Ahsani Taqwim and Andarini, Sabila Adinda Purİ and Aminah, Ratİh Siti (2024) Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Dalam Peningkatan Pelayanan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9050/1/Alief%20Mayong%20Sinuraya_044120443_Hubungan%20Masyarakat%20-%20Alief%20Sinuraya%20%281%29.pdf