TY - THES PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pesan kampanye #Serunyamembaca, untuk mengidentifikasi minat baca followers TikTok @gramedia, dan untuk menganalisis pengaruh pesan kampanye #Serunyamembaca pada akun TikTok @gramedia terhadap minat baca followers. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu pesan kampanye sebagai variabel X dan minat baca sebagai variabel Y. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan pesan kampanye #Serunyamembaca diantaranya isi pesan dan struktur pesan. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan minat baca diantaranya pemusatan perhatian, penggunaan waktu, motivasi dalam membaca, emosi dalam membaca, dan usaha dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penarikan sampel yang digunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan kriteria followers TikTok @gramedia. Teknik pengambilan data menggunakan studi kepustakaan, pengamatan, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik followers TikTok @gramedia didominasi oleh usia 17-24 tahun dengan jenis kelamin perempuan dan pekerjaan sebagai mahasiswa. Karakteristik pesan kampanye #Serunyamembaca memiliki penlian baik dengan jumlah nilai 3,51 dan dikatagorikan sangat tinggi pada indikator isi pesan. Temuan lain yang ada pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pesan kampanye #Serunyamembaca pada akun TikTok @gramedia terhadap minat baca followers sebesar 69,9% dan 30,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini Y1 - 2024/07/15/ EP - 89 UR - http://eprints.unpak.ac.id/9063/ A1 - Sukmawati, Amalia Citra A1 - Moeslim, Moeslim A1 - Permana, Restiawan A1 - Martha, Layung Paramesti ID - eprintsunpak9063 TI - Pengaruh Pesan Kampanye #Serunyamembaca pada Akun TikTok @Gramedia Terhadap Minat Baca Followers M1 - Skripsi ER -