eprintid: 9065 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/90/65 datestamp: 2025-02-25 08:02:08 lastmod: 2025-02-25 08:02:08 status_changed: 2025-02-25 08:02:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Virsya, Amanda Maulidha creators_name: Suharyati, Henny creators_name: Muslim, Muslim creators_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia creators_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini creators_NPM: 044120374 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suharyati, Henny contributors_name: Muslim, Muslim contributors_name: Firdaus, Dwi Rini Sovia contributors_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: Pesan Moral Dalam Film Sweet 20 Analisis Semiotika Roland Barthes ispublished: pub divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pesan kampanye “One Day One Trash Bag” untuk mengidentifikasi kesadaran lingkungan pada followers @pandawaragroup dan untuk menganalisis pengaruh pesan kampanye “One Day One Trash Bag” akun TikTok @Pandawaragroup terhadap kesadaran lingkungan pada followers. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu pesan kampanye “One Day One Trash Bag” sebagai variabel independent dan kesadaran lingkungan sebagai variabel dependen. Indikator yang digunakan pada pesan kampanye “One Day One Trash Bag” adalah Awareness, Attitude, dan Action. Indikator yang digunakan pada variabel kesadaran lingkungan adalah General beliefs/values, Personal attitude, Information/knowledge. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yaitu followers akun TikTok @Pandawaragroup, mengetahui pesan kampanye “One Day One Trash Bag”. Teknik pengambilan data adalah dengan studi kepustakaan, pengamatan, dan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik followers TikTok @Pandawaragroup didominasi oleh usia 20-35 tahun, jenis kelamin perempuan dan pekerjaan sebagai mahasiswa. Indikator attitude pada variabel pesan kampanye “One Day One Trash Bag” memperoleh nilai rataan sebesar 3,56%, yang mana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada indikator general belieft/value dan information/knowledge pada variabel kesadaran lingkungan memperoleh nilai rataan sebesar 3,64%, yang mana nilai itu juga termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Kesimpulannya penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pesan kampanye “One Day One Trash Bag” akun TikTok @pandawaragroup terhadap kesadaran lingkungan pada followers sebesar 70,6%, sedangkan 29,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2024-07-13 date_type: published pages: 88 institution: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana related_url_type: author related_url_type: author citation: Virsya, Amanda Maulidha and Suharyati, Henny and Muslim, Muslim and Firdaus, Dwi Rini Sovia and Cahyaningrum, Qoute Nuraini (2024) Pesan Moral Dalam Film Sweet 20 Analisis Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9065/1/Amanda%20Maulidha%20Virsya_044120374%20-%20maulidha%20manda.pdf