eprintid: 9105 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/05 datestamp: 2025-03-03 06:50:37 lastmod: 2025-03-03 06:50:37 status_changed: 2025-03-03 06:50:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Heni, Septiani creators_NPM: 032116037 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sri, Rahayu Dwiastuti contributors_name: Sandi, Budiana contributors_NIDN: 0417025701 contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Heni Septiani : Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah kegiatan awal seorang guru untuk memulainya suatu pembelajaran di kelas, dengan kata lain susunan atau rangkaian pembelajaran. Dalam RPP terdapat komponen penting salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran adalah suatu pendekatan yang berpola sistematis. Pada penelitian ini peneliti mengkaji penggunaan sintak model discovery learning yang terdapat pada RPP menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Fokus dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor dan subfokus penelitian ini adalah kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor, yaitu discovery learning yaitu stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), generalization (menarik kesimpulan). Pada pertemuan keempat tidak ditemukan tahap verification. Penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor yang terdapat 24 data yang terdiri dari 4 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis keseluruhan pada RPP tersebut sudah cukup menerapkan keenam langkah model pembelajaran discovery learning dinyatakan dalam beberapa kegiatan seperti mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, membuktikan data, menarik kesimpulan. Hal tersebut menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor sudah cukup sesuai mengunakan sintak model pembelajaran model discovery learning. date: 2020 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Heni, Septiani (2020) Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK PLUS PGRI 1 Cibinong Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9105/1/H.%20SEPTIANI.pdf