<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOLOGI DALAM TEKS\r\nDESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIGOMBONG\r\nKABUPATEN BOGOR"^^ . "Ana Khoerunnisa Wahdah. 032118052. Analisis Kesalahan Proses Morfologi\r\ndalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Cigombong Kabupaten\r\nBogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan\r\nDr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.\r\nMenulis merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan perhatian serius. Dalam\r\nmenulis teks deskripsi ada kalanya siswa masih melakukan kesalahan berbahasa\r\nsehingga belum sesuai dengan penggunaan kaidah Bahasa Indonesia. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan proses morfologi dalam teks\r\ndeskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigombong Kabupaten Bogor serta untuk\r\nmengetahui kesalahan proses morfologi yang paling dominan dalam penulisan teks\r\ndeskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian\r\ndeskriptif kualitatif artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasil yang\r\ndidapatkan dari penelitian jenis ini juga akan dijelaskan secara deskriptif. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumen dengan melakukan\r\npengkajian terhadap teks deskripsi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian\r\nini menggunakan metode triangulasi. Fokus pada penelitian ini adalah kesalahan\r\npada proses morfologi berupa afiksasi, reduplikasi, dan komposisi. Dari hasil\r\npenelitian tersebut ditemukan sebanyak 52 data kesalahan proses morfologi dengan\r\nkesalahan afiksasi sebanyak 38 data (73,08%). Kesalahan afiksasi umumnya terjadi\r\nkarena adanya penyingkatan afiks dan penulisan afiks yang tidak disatukan dengan\r\nkata yang mengikutinya. Kesalahan reduplikasi sebanyak 13 data (25%) umumnya\r\ndilakukan karena tidak menggunakan tanda hubung di antara kedua unsurnya. Lalu,\r\nkesalahan komposisi sebanyak 1 data (1,92%), kesalahan yang dilakukan karena\r\npenulisan yang seharusnya dipisah justru disatukan. Kesalahan proses morfologi\r\nyang paling dominan dilakukan dalam teks deskripsi adalah kesalahan afiksasi,\r\nyaitu sebanyak 38 data (73,08%). Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui juga\r\nbahwa faktor yang menyebabkan kesalahan karena siswa belum memahami\r\npenggunaan kaidah Bahasa Indonesia sehingga perlu adanya pemahaman yang\r\nlebih intens terhadap hal tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan\r\ndampak yang positif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.\r\nKata kunci: proses morfologi, kesalahan berbahasa, teks deskripsi"^^ . "2022" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Khoerunnisa Wahdah"^^ . "Ana"^^ . "Khoerunnisa Wahdah Ana"^^ . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Suhendra"^^ . "Suhendra"^^ . "Suhendra Suhendra"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "ANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOLOGI DALAM TEKS\r\nDESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIGOMBONG\r\nKABUPATEN BOGOR (Text)"^^ . . . "SKRIPSI - ANA KHOERUNNISA WAHDAH.pdf"^^ . . "HTML Summary of #9109 \n\nANALISIS KESALAHAN PROSES MORFOLOGI DALAM TEKS \nDESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIGOMBONG \nKABUPATEN BOGOR\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA" . .