eprintid: 9117 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/17 datestamp: 2025-03-03 06:51:08 lastmod: 2025-03-03 06:51:08 status_changed: 2025-03-03 06:51:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septia, Dwi Pratiwi creators_NPM: 032120036 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sandi, Budiana contributors_name: M. Ginanjar, Ganeswara contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan POWTOON Pada Materi Teks Siswa Kelas VII SMP PUSPANEGARA Kabupaten Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Septia Dwi Pratiwi. 032120036. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon pada Materi Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Puspanegara Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Sandi Budiana, M.Pd. dan M. Ginanjar Ganeswara, M.Pd. Media pembelajaran adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk proses belajar mengajar di dalam kelas guna meningkatkan perhatian minat siswa dalam belajar.Media pembelajaran yang digunakan di SMP Puspanegara Kabupaten Bogor beberapa masih menggunakan media Powerpoint saja, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan efektif. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Powtoon pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita kelas VII di SMP Puspanegara Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan (researchanddevelopment) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi bahasa, validasi materi, validasi media, respons pendidik, dan respons peserta didik. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator media mendapatkan persentase 89% validator bahasa mendapatkan persentase 95%, dan validator materi mendapatkan persentase 88,3%, dalam kriteria sangat layak. Hasil uji coba pada produk dapat dilihat berdasarkan respons pendidik yang mendapatkan persentase 95% dan respons peserta didik mendapatkan persentase 95%, dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Powtoon pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks berita kelas VII layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, Powtoon, teks berita. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Septia, Dwi Pratiwi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan POWTOON Pada Materi Teks Siswa Kelas VII SMP PUSPANEGARA Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9117/1/SKRIPSI%20SEPTIA.pdf