@phdthesis{eprintsunpak9124, author = {Rochmana Deni}, title = {Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor.}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2016}, abstract = {Deni Rochmana 2016, ?Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor? Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kendala model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI mulai XI IPA A sampai XI IPS C. Sampel yang diperoleh adalah XI IPS A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan XI IPS C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat hasil prates menulis ringkasan yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71, sedangkan pada hasil postes menulis ringkasan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition mengalami peningkatan rata-rata 80, bukti diperkuat dengan perbedaan mean. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga t hitung =2,90 dan d.b = 60. Dengan demikian nilai t hitung jauh lebih besar dari pada t tabel karena nilai t hitung}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/9124/} }