eprintid: 9124 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/24 datestamp: 2025-03-03 06:52:28 lastmod: 2025-03-03 06:52:28 status_changed: 2025-03-03 06:52:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Deni, Rochmana creators_NPM: 032112054 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Rina, Rosdiana contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Deni Rochmana 2016, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan kendala model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI mulai XI IPA A sampai XI IPS C. Sampel yang diperoleh adalah XI IPS A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan XI IPS C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Hipotesis pertama teruji kebenarannya dengan melihat hasil prates menulis ringkasan yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 71, sedangkan pada hasil postes menulis ringkasan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition mengalami peningkatan rata-rata 80, bukti diperkuat dengan perbedaan mean. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga t hitung =2,90 dan d.b = 60. Dengan demikian nilai t hitung jauh lebih besar dari pada t tabel karena nilai t hitung date: 2016 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Deni, Rochmana (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9124/1/DENI%20ROCHMANA.pdf