eprintid: 9127 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/27 datestamp: 2025-03-03 06:52:44 lastmod: 2025-03-03 06:52:44 status_changed: 2025-03-03 06:52:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti, Handayani creators_NPM: 032119028 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_name: Siti, Chodijah contributors_NIDN: 0428047402 contributors_NIDN: 0404098403 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Kelas VII Mts Al Asiyah Cibinong. ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Siti Handayani. 032119082. Penerapan Model Quantum Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Siswa Kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Model pembelajaran yaitu suatu desain yang menggambarkan proses rinci penciptakan lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Quantum Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong. Sampel penelitian ini VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama penerapan Model Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII teruji kebenarannya. Hal ini terbukti diperolehnya data pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 61,81 (cukup mampu), sedangkan hasil posttest kelas eksperimen meningkat dengan nilai rata-rata 89,56 (sangat mampu). Hasil perhitungan perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung = 5,66 dan d.b. 50 dan diperoleh harga ttabel taraf signifikansi 1% = 1,67 dan harga ttabel taraf signifikansi 5% = 2,40. Dengan demikian, nilai thitung lebih besar dari ttabel 1% maupun ttabel 5%. Karena nilai tabel date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Siti, Handayani (2023) Penerapan Model Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan hasil Observasi Kelas VII Mts Al Asiyah Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9127/1/SKRIPSI%20SITI%20HANDAYANI%20DIAGRAM.pdf