%I Universitas Pakuan %L eprintsunpak9134 %D 2016 %X Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor melaui penerapan model Cooperative Integrate Reading and Composition. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Sampel penelitian ini dalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran Student Teams achievement Divisions. Setelah melakukan penelitian melalui pengumpulan data berupa hasil tes siswa dan angket, maka diperoleh hasil sebagai pembuktian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil prates keterampilan menulis karangan deskripsi, perolehan nilai rata-rata kelas 74,96 dengan interpretasi cukup dalam menulis karangan deskripsi. Setelah melakukan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, hasil postes keterampilan menulis karangan deskripsi diperoleh nilai rata-rata kelas 85,25 dengan interpretasi baik dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil penghitungan uji t, diperoleh data harga t0 = 3,39 dan db = 64 setelah dilakukan pengetesan satu ekor, diketahui harga t kritik pada ts 0,05 = 1,67 dan pada ts 0,01 = 2,39 dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa SMP Negeri 9 Bogor. %A Wahyudi Sofwan %T Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor