eprintid: 9134 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/91/34 datestamp: 2025-03-04 03:49:05 lastmod: 2025-03-04 03:49:05 status_changed: 2025-03-04 03:49:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sofwan, Wahyudi creators_NPM: 032111119 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Eri, Sarimanah contributors_name: Sandi, Budiana contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor melaui penerapan model Cooperative Integrate Reading and Composition. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan angket. Sampel penelitian ini dalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran Student Teams achievement Divisions. Setelah melakukan penelitian melalui pengumpulan data berupa hasil tes siswa dan angket, maka diperoleh hasil sebagai pembuktian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil prates keterampilan menulis karangan deskripsi, perolehan nilai rata-rata kelas 74,96 dengan interpretasi cukup dalam menulis karangan deskripsi. Setelah melakukan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, hasil postes keterampilan menulis karangan deskripsi diperoleh nilai rata-rata kelas 85,25 dengan interpretasi baik dalam menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil penghitungan uji t, diperoleh data harga t0 = 3,39 dan db = 64 setelah dilakukan pengetesan satu ekor, diketahui harga t kritik pada ts 0,05 = 1,67 dan pada ts 0,01 = 2,39 dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa SMP Negeri 9 Bogor. date: 2016 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sofwan, Wahyudi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/9134/1/Sofwan%20Wahyudi.pdf